Jumat, 26 Maret 2010

Contoh Proposal pengajuan Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada pada saat ini semakin berkembang dan persaingan usaha semakin ketat. Dan untuk menunjang kesuksesan serta kemudahan untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai bidang maka dibutuhkan kemajuan teknologi dengan bantuan komputer. Komputer adalah suatu alat pengolahan data elektronik atau yang sering kita sebut (PDE). Banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer mulai dari pengolahan kata, pembuatan grafik, pemecahan perhitungan-perhitungan yang rumit dan juga mencari informasi dengan bantuan situs web atau yang disebut dengan internet.
Internet adalah salah satu bukti kemajuan teknologi informasi yang sangat erat berhubungan dengan situs web dan browsing, baik pelajar dan masyarakat pada umumnya telah menggunakan teknologi internet. Pemanfaatannya, memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, hal ini merupakan kesempatan pihak produsen untuk mempromosikan produk yang akan di jual kepada konsumennya. Demikian halnya pihak penyelenggara pendidikan tinggi juga membutuhkan teknologi ini untuk memperkenalkan institusinya kepada masyarakat. Teknologi informasi menggunakan internet dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, dosen dan masyarakat umum atau calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.
Salah satu aplikasi untuk membangun sebuah situs web adalah PHP. PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor bahasa interpreter yang mempunyai kemiripan dengan bahasa C dan perl yang mempunyai kesederhanaan dalam perintah. PHP dapat digunakan bersama dengan HTML sehingga memudahkan dalam membangun sebuah situs web.



1.2. Identifikasi Masalah.
Situs web AMIK Mpu Tantular www.geocities.com/amikmputantular dirasakan sangat memberikan pengaruh terhadap banyaknya jumlah mahasiswa yang pada akhir-akhir ini semakin sedikit, dan juga fasilitas kepada mahasiswa untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik dan kegiatan kampus. Informasi-informasi tersebut antara lain adalah data mahasiswa, kurikulum, Jadwal kuliah, nilai dari mata kuliah yang diambil dan kegiatan akademik lainnya. Dosen dapat menggunakan fasilitas yang disediakan dalam situs web untuk memperoleh informasi mengenai kegiatan akademik dan mengirimkan pengumuman mengenai mata kuliah yang diampunya.

1.3 Batasan Masalah
Pada penulisan skripsi ”Perancangan dan Implementasi Pembuatan Situs Web AMIK Mpu Tantular” ini, penulis hanya membatasi masalah pada pembuatan situs web AMIK Mpu Tantular dengan menggunakan bahasa PHP sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat umum, mahasiswa dan dosen.

1.4 Metode Penelitian
Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam penyusunan laporan tugas akhir ini antara lain :
a. Studi pustaka
Studi pustaka ini dilakukan dengan mempelajari buku-buku dan literatur yang berkaitan dengan judul penulisan tersebut di atas.
b. Studi lapangan
Studi lapangan dilakukan dengan mengamati situs web universitas-universitas lain yang ada sebagai bahan perbandingan dan masukan, melakukan wawancara dengan bagian administrasi akademik mengenai sistem informasi yang ada di AMIK Mpu Tantular.


c. Perancangan sistem informasi
Dalam suatu perancangan program aplikasi sistem informasi akademik tentunya tidak dapat lepas dari komponen-komponen dan pengguna yang terdapat di dalam sistem tersebut. Perancangan program aplikasi ini ditujukan untuk pengguna-pengguna antara lain : mahasiswa, dosen, masyarakat umum atau calon mahasiswa baru yang ingin mendapatkan informasi mengenai kampus.

1.5 Tujuan Penelitian.
Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam pembuatan situs web AMIK Mpu Tantular antara lain :

1. Pembuatan halaman yang digunakan oleh masyarakat umum atau calon mahasiswa untuk mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai AMIK Mpu Tantular. Misalnya : informasi mengenai sejarah, profil kampus, kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak kampus atau mahasiswa.
2. Pembuatan halaman web yang menyediakan fasilitas kepada mahasiswa yang berhubungan dengan kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan. Misalnya, nilai mata kuliah dan pengumuman lainnya.
3. Pembuatan halaman web untuk dosen yang digunakan untuk memberikan pengumuman kepada mahasiswa dan menyampaikan informasi mengenai mata kuliah yang diampunya kepada mahasiswa.
4. Pembuatan halaman web untuk administrator yang mempunyai kewenangan penuh atas semua kegiatan yang berjalan dalam sistem informasi akademik berbasis web ini.







1.6 Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dan memperjelas pembahasan, penulisan menyusun tugas akhir ini secara sistematika kedalam bab, sebagai berikut :
Bab I PENDAHULUAN
Dalam bab ini menjelaskan latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, metode yang digunakan untuk memecahkan masalah, tujuan pemecahan masalah dan sistematika penulisan.

Bab II LANDASAN TEORI
Pada bab ini membahas tentang pengertian Sistem, Internet, DataBase, dan bahasa pemprograman PHP dan MySQL.

Bab III TINJAUAN UMUM ORGANISASI SISTEM BERJALAN
Pada bab ini membahas tentang profil organisasi AMIK Mpu Tantular dan situs web yang selama ini berjalan.

Bab IV PERANCANGAN SITUS WEB
Bab ini menjelaskan tentang perancangan situs web dan hasil dari perancangan situs web AMIK Mpu Tantular.

Bab V IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang implementasi dan pembahasan situs yang sudah dibuat.

Bab VI KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini adalah merupakan bagian akhir dari penulisan yang berisikan kesimpulan dari saran - saran yang mungkin dapat berguna dalam pengembangan aplikasi web kampus AMIK Mpu Tantular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar